Skip to content

Frequently Asked Questions

Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML), atau tentang saya.

Referensi apa yang bisa saya jadikan untuk rujukan untuk belajar tentang AI atau ML?

Untuk AI, rujukan utama yang bisa digunakan adalah buku Artificial Intelligence: A Modern Approach karya Stuart Russell dan Peter Norvig (dikenal juga dengan nama buku AIMA atau Russell-Norvig). Sedangkan untuk ML ada beberapa alternatif yang cukup menarik untuk dibaca:

  • Python Data Science Handbook karya Jake VanderPlas - sangat menarik dan cukup mudah diikuti karena disertai kode dalam Python, termasuk pengenalan bahasa Python dan pustaka yang digunakan
  • Pattern Recognition and Machine Learning karya Christopher Bishop - cocok untuk belajar dari dasar karena pembaca tidak diasumsikan memiliki latar belakang di bidang ML
  • Machine Learning: a Probabilistic Perspective karya Kevin Murphy - memberikan contoh kode Matlab dan menggunakan pendekatan lebih "frequentist" dibandingkan bukunya Bishop dan membutuhkan sedikit pemahaman matematis dan programming
  • Kuliah daring Machine Learning oleh Andrew Ng - beberapa orang menyarankan ini untuk pengenalan kepada dunia machine learning
  • Video dari mathematicalmonk di YouTube - penjelasannya cukup mudah dan runut

Mengapa menggunakan Python?

Python punya pustaka yang sangat kaya untuk melakukan pekerjaan AI dan ML. Selain itu, Python sangat memudahkan untuk menghasilkan purwarupa (prototype) secara cepat sehingga kita bisa fokus pada proof of concept, alih-alih berpusing dengan pointer dan segmentation fault. Pustaka seperti Numpy, SciPy, scikit-learn, dan Pandas bisa menjadi sangat powerful. Selain itu, Python juga punya package manager yang cukup mumpuni dengan virtual environment, pip, atau Anaconda.

Situs yang paling sering dirujuk untuk belajar Python adalah Learn Python the Hard Way. Selain itu, saya pribadi menyukai kuliah daring di Udacity berjudul Design of Computer Programs. Kuliah tersebut dapat membantu membangun pola pikir pemrograman yang baik dan diajarkan menggunakan Python sebagai bahasa pengantar. Selain itu, kuliah tersebut diajarkan oleh Peter Norvig yang juga membuat buku Artificial Intelligence: A Modern Approach.

Kalau tidak terlalu suka dengan Python, alternatifnya, Anda juga bisa menggunakan Matlab atau R. Keduanya biasa digunakan oleh scientists, jadi pengolahan matriks dan statistiknya banyak yang sudah langsung tersedia sebagai bawaan.

Lewat mana saya harus mengontak jika ingin bertanya lebih lanjut?

Secara umum, saya lebih memilih untuk dikontak melalui e-mail karena tidak perlu balasan yang cepat. Namun, saya hampir setiap hari membuka dan membalas e-mail. Saya bisa dikontak melalui aliakbars[at]live[dot]com. Jika memang diperlukan, mintalah nomor saya melalui e-mail tersebut untuk kontak yang lebih intensif ke depannya.